Macam-macam Perairan tawar yang Perlu diketahui

 

Sumber: Portal Kelas

    Perairan merupakan bagian permukaan bumi yang di genangi oleh air baik air tawar, payau atuapun laut. Perairan air tawar umumnya berbentuk sungai, danau, waduk dan lainnya (UU RI No. 2004).

    Perairan air tawar secara garis besar di bagi menjadi dua yaitu perairan yang mengalir (lotik) dan perairan yang menggenang (lentik). Perairan lotik merupaka perairan yang di dalamnya terdapat perpindahan air yang berlangsung secara terus menerus(arus), contoh perairan lotik yaitu sungai. Perairan lentik merupakan suatu perairan menggenang dengan tidak adanya arus pada suatu perairan, contoh perairan lentik yaitu waduk, danau.

    Perairan Lentik memiliki karekteristik dengan badan air yang tidak begitu besar dengan tiga lapisan utama yang didasari oleh kekuatan cahaya yang dapat masuk di suatu perairan serta kepadatan terhadap tanaman air yang ada di suatu badan perairan

    Perairan Lotik memiliki ciri khas dengan adanya pergerakan air ssecara terus menerus yang menyebabkan pendistribusian oksigen, nutrien serta organisme seperti pelankton dapat tersebar secara luas dan merata akibat arus air.


Referensi

Pemerintah Indonesia. (2004). Undang-undang Nomor 7 Tahun 2004 tentang Pengelolaan sumber daya air. https://peraturan.bpk.go.id/Details/40497/uu-no-7-tahun-2004 


Penulis   : Rana Andika Putri

Editor     : Humas KSEP

Comments

Popular posts from this blog

Kondisi & Pemanfaatan Perairan Gambut di Indonesia

Ikan Sapu-sapu si Perusak Sediment Sungai

Jenis-Jenis Tanaman Bioremediasi Air Limbah